Rabu, 30 Mei 2012

TV CHINA MATOT

kemaren sore dapat servis tv china dengan kerusakan mati total, menurut informasi dari pemilik tv kejadian awal sering mati sendiri trus di start normal lagi dan terakhir udah gak bisa sampai listrik di rumah padam, waah ini berarti power regulator short dalam pikiranku, langsung saja sesuai prosedur buka cover belakang trus dibersikan dari debu biar nyaman waktu mengerjakanya
pengukuran langsung tertuju di capasitor utama power suplay dan benar terjadi hubung singkat, saya lepas transistor power, ukur kembali hubungsingkat sudah hilang beraati transistor power yang mengalami kerusakan, setelah pengantian saya coba ternyata belum bisa mengeluarkan teganggan  +115 Volt,  waah ini apa lagi ? pencarian di lanjutkan dari resistor, capasitor, transistor, diode, optocopler sampai variabel resistor semua baik tidak ada gejalah kerusakan, tapi kok belum bisa mengeluarkan teganggan di secunder travo.
Nah ini dia yang belom di periksah, lalu travo di angkat dari mainboart diperiksah ternyata dari plastik / isolasi travo uda mengkerut hingga berubah warna kemungkinan terjadi hubungsingkat di lilitan secundernya. setelah mendapatkan penganti travo inventer langsung saya pasang, untuk keamanan lepas dulu trasistor horizontal kalau tegangan yang di hasilkan tidak terkendali. probe hitam ke casis atao ground, probe merah ke pin + capasitor 100 uf / 160 Volt langsung saya start . . . . dan Alhamdulillah + 115 sudah keluar, baik teganggan vertical audio juga untuk program, lanjut pasang kembali transistor horizontal coba langsung terdengar suara kemudian gambar semua normal.
Alhamdulillah. . . terselesaikan tv ini dengan kerusakan travo inventer

fb-comments