Selasa, 12 Juni 2012

LG SUPER SLIM 21''

Hasil pemeriksaan ditemukan TR Horizontal C6092 dan TR fet K2961 jebol penyebabnya adalah C12n2000v kering.
Setelah penggantian komponen2 yang rusak dan tv dihidupkan saya dapatkan TR horizontal cepat panas dan gambar kurang melebar. Akhirnya coba mengganti Capasitornya dengan 2 x 6n2 yang stu dipasang ditempat semula dan yang satunya di paralel dengan dioda dumpernya dan setelah dihidupkan tv sudah kelihatan hampir sempurna gambarnya tapi setelah disentuh TR horizontalnya masih sama panasnya cepat meningkat.

Apa penyebabnya..?? semua elco sudah diperiksa dan diganti yang mencurigakan dan hasilnya tetap sama. Akhirnya coba gonta-ganti TRnya hingga ahirnya dapat TT2222 punya Samsung. Setelah dicoba beberapa menit hingga berjam2 tidak ada masalah.

Yang mengherankan kenapa dengan TR yang sama tv tidak bisa bertahan, apakah TRnya gak asli, atau ada masalah pada flyback, tapi gambar normal. Beda dengan LG Ultra Slim setelah ganti komponen yang sama TV kembali OK..

Jangan salah mengganti R tegangan dari B+ ke Flyback, ganti dengan  minimal 1 atau 0,5 ohm. karena bila ada selisih tegangan 1volt maka tv akan protek, karena ada sensor tegangan B+ yaitu TR PNP BFxxx, bisa juga diganti dgn A1015.

Kerusakan lain Tv LG adalah setelah dihidupkan beberapa menit atau beberapa jam tiba-tiba Tv Standby kadang mati total, ini disebabkan power suply sudah melemah akibat pemakaian dan suhu yang panas contohnya LG yang menggunakan STR W6754 ( seperti yang dipakai Tv Sharp )

Ketinggian / over vertikal size akan mengakibatkan cut off pada gambar, contohnya setelah penggantian yoke yang beda nilai ohm vertikalnya gambar dan suara tidak muncul. Caranya besarkan nilai Ohm R ke ground pada out Vertikal setelah muncul gambar diatur lagi melalui service mode.

Hanya berbagi dan semoga bermanfaat..
Sumber

fb-comments